Header Ads

Pengertian Intranet Dan Internet Serta Fungsi & Bedanya

Pengertian Intranet Dan Internet Serta Fungsi & Bedanya – Ada yang sudah kenal dengan internet? Pastinya, bahkan hampir setiap hari menggunakannya. Tapi pasti juga ada yang belum tahu apa itu internet. Memang di era modern dan canggih seperti ini internet sangat berperan penting bagi kemajuan teknologi semua bangsa. Disamping internet ada juga yang namanya intranet. Supaya lebih jelasnya apa itu internet dan intranet, simak penjelasan lengkapnya.

Pengertian Internet

Internet (interconnected networking) merupakan jaringan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lainnya dan membentuk sebuah jaringan komputer yang sangat besar dan luas di seluruh dunia sehingga jaringan tersebut bisa saling bertukar informasi maupun data dan dapat berkomunikasi satu sama lain.
Definisi internet itu sendiri adalah suatu jaringan komputer yang sangat besar yang menghubungkan antara pengguna komputer diseluruh dunia melalui jaringan telepon, satelit atau sistem komunikasi lainnya. Internet terbentuk oleh banyak komputer yang saling berhubungan di seluruh dunia yang memberi ruang dan memberi jalan bagi berbagai media informasi berupa gambar, video, audio dan bentuk file lainnya untuk dapat saling dinikmati bersama.
Dari keterangan diatas bisa disimpulkan bahwa fungsi internet adalah sebagai suatu media komunkasi dan informasi yang dapat digunakan untuk saling menukar data maupun informasi.
Pengertian Intranet Dan Internet Serta Fungsi Dan Perbedaannya

Pengertian Intranet

Intranet adalah suatu jaringan komputer yang terhubung atau tersambung yang digunakan oleh sebuah instansi atau sebuah perusahaan yang berbasis protokol TCP/IP. Intranet hampir sama dengan internet, hanya saja pengguna intranet dibatasi oleh instansi atau perusahaan tersebut sehingga hanya pengguna tertentu saja yang dapat mengaksesnya.
Dari keterangan diatas bisa disimpulkan bahwa fungsi intranet ialah media penghubung antara komputer satu dengan komputer yang lain tetapi memiliki batas pengguna yang telah ditentukan.

Perbedaan antara Internet dan Intranet

Internet
  • Sifatnya umum atau terbuka, artinya jaringan ini dapat di akses oleh siapa saja asalkan ia terhubung jaringan internet.
  • Jangkauan luas dan tanpa batas, artinya jaringannya berada dimana saja dan dapat dijangkau dibelahan dunia manapun.
Intranet
  • Sifatnya tertutup, artinya jaringan tersebut dibatasi dan hanya pengguna yang memiliki aksesnya saja yang dapat menggunakannya.
  • Jangkauannya terbatas, artinya hanya mencakup area atau lokasi yang telah ditentukan saja sesuai yang dibutuhkan.
Demikianlah penjelasan singkat , semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.